Label

Senin, 25 November 2013

Belajar Bisnis Sukses Melalui Waroeng Group (make matematikanya Alloh)

#Matematikanya Alloh dalam Bisnis itu melampaui logika manusia, dan hasilnya jauh berlipat-lipat#

Dalam minggu ini saya berkesempatan untuk belajar bisnis syar’i di FEB UGM. Dalam kesempatan tersebut pembicara yang dihadirkan adalah dari pihak Waroeng Group Manajemen yang menaungi (Warung Steak & Shake, Bebek Goreng Haji Slamet, Waroeng Penyet, Feskul, Bebakaran) dan dari pihak BMT Beringharjo. Dari pihak Waroeng Group sebenarnya yang diundang untuk menjadi pembicara adalah mas Jodi (Owner Warung Steak & Shake), tapi karena beliau berhalangan maka digantikan oleh mas Tama (Bagian Kreatif Waroeng Group), dan dari pihak BMT Beringharjo yang hadir saat itu adalah pak Rury Febrianto (Bidang Pengembangan Bisnis Syariah BMT Beringharjo).

Dalam diskusi saat itu saya seperti mendapat “vitamin”  ilmu agar bisa sukses dunia akhirat :). Pada kesempatan pertama diskusi adalah giliran mas Tama. Dan berikut inti ilmu yang saya tangkap dari apa yang disampaikan mas Tama.
***

Pada awal sesi mas Tama menyampaikan salam dari mas Jodi & istri kepada para peserta diskusi, dan mas Tama menampilkan video sapaan mas Jodi beserta istri dalam menceritakan perjalanan beliau membangun bisnis Waroeng Steak & Shake (WS).

Mas Jodi bercerita bahwa sebelum menjalani bisnis WS beliau beserta istri selama kurang lebih 10 tahun berganti-ganti bisnis. Beliau pernah berbisnis parcel lebaran kecil-kecilan, kemudian berganti bisnis kentang yang beliau ambil dari daerah Jawa Tengah kemudian ditawarkan ke restoran-restoran, kemudian ganti bisnis susu segar dengan konsep angkringan, dimana istri mas Jodi yang masak kemudian mas Jodi dibantu 1 pegawai untuk melayani pelanggan, setelah bisnis susu segar mereka berganti bisnis kaos partai (sekitar tahun 1999 jika tidak salah). Melalui bisnis kaos partai ini mas Jodi bisa menabung rejeki yang lumayan untuk modal berjualan steak. Karena bisnis kaos partai adalah bisnis musiman, maka kemudian mas Jodi dan Istri berpindah kepada bisnis steak.

Awal berdiri WS mas Jodi & istri bercerita bahwa saat itu hanya bermodal gelas 10/20 *persisnya saya lupa, kemudian meja pelanggan 5 buah dan dengan kursi pada tiap meja 4 buah, jadi jika waroeng penuh total pembeli yang bisa ditampung adalah sekitar 20 orang. Saat itu mereka bercerita bahwa yang mereka pikirkan adalah yang penting jualan, jualan dan jualan. Sampai tiba pada satu titik perjalanan bisnis mereka kemudian mereka memberikan sentuhan spiritual company, jika saya tidak salah ingat era spiritual company tersebut dimulai tahun 2010.

Dan era spiritual company ini membuat “ledakan rejeki” bagi mas Jodi dan keluarga dan berdampak pada perluasan cabang WS yang kini sudah mencapai sekitar 82 cabang di seluruh Indonesia. Awalnya WS hanya 1 warung, kemudian menjadi 5, 40, 82 dan kedepan menuju target 100an cabang di seluruh Indonesia, subnanalloh.

Pertambahan jumlah cabang yang begitu pesat serta lonjakan omset penjualan yang berlipat-lipat tersebut ternyata ada rahasianya guys. Pingin tahu rahasianya agar bisnis kita juga bisa sukses?? Cekidot:

1. Pesan mas Jodi semua itu berawal dari mimpi, so tetapkan mimpi setinggi-tingginya. Begitu pula dengan bisnis, jika kita ingin bisnis kita sukses maka jangan sampai kita kekurangan stok mimpi. Sama kaya mas Jodi, beliau itu awalnya pingin banget punya motor Harley, maka gambar Harley itu beliau tempel di kamar, pintu lemari, bahkan di kamar mandi pun beliau tempel poster Harley. Dan karena pingin banget punya Harley itu mas Jodi tak pantang menyerah dalam berbisnis.

2. Setelah kita bermimpi, selanjutnya adalah berdoa. Kita butuh bantuan doa dari banyak orang, dari orang tua, anak yatim piatu, anak yatim, dhuafa dll. So jika saya menyimpulkan ketika kita punya mimpi pingin punya bisnis sukses jangan lupa minta restu kepada orang tua, berbagi rejeki kepada anak yatim, anak yatim piatu, dhuafa dan minta bantuan pula pada mereka agar mereka mendoakan impian bisnis kita agar bisa terkabul, sukses & berkah.

3. Pasca berdoa, action. Ya gerak, bergerak untuk mewujudkan mimpi bisnis kita. Dan perjalanan ribuan mil dimulai dari 1 langkah, so segera bergerak sekecil apapun itu, karena dari langkah-langkah kecil tersebut bisnis kita yang akan sukses bermula.

4. Dan rahasia ke4 dan seterusnya ini adalah rahasia dari WS yang saya bagikan kepada saudara-saudaraku semua. Di WS khususnya & di Waroeng Group manajemen dari Top Management sampai Lower Management, dari tingkatan manajemen teratas sampai pegawai yang dibawah sebelum memulai kerja semua meluruskan niat karena Alloh semata. Dan sebelum mulai kerja ada penyatuan visi misi seperti training penyemangat sebelum kerja.

5. Sebelum kerja semua jajaran manajemen dari yang teratas sampai yang di paling bawah WAJIB HUKUMNYA BUAT SHOLAT DHUHA. Dan dhuha menjadi SOP perusahaan. Dan saat dhuha tersebut semua jajaran waroeng group diminta untuk berdoa agar Alloh melancarkan rejeki waroeng group.

6. Rahasia selanjutnya adalah mendekatkan interaksi dengan Al Qur’an. Selain diminta buat tilawah semua jajaran manajemen diminta menghafalkan minimal 4 surat ini: surat Yasin, Ar Rahman, Al Waqiah dan Al Mulk. Dan hadiah bagi yang bisa hafal surat-surat tersebut ga tanggung-tanggung bro, UMROH :). Saat diskusi kemarin ditampilkan video keluarga waroeng group manajemen saat umroh, merinding saya melihatnya. Terlihat kebahagiaan mereka saat menjalankan ibadah umroh, dan mereka bisa umroh melalui kerja keras mereka di waroeng group. Rejeki dapet, ibadah umroh juga dapet, mantab.

7. Selanjutnya adalah sholat malam jangan lupa. Dan mas Tama kemarin crita ke kita-kita bahwa ketika waroeng manajemen punya impian tentang bisnis mereka apapun itu, misal perluasan cabang, hunting lokasi buat buka cabang baru dll, maka selalu didahului dengan sholat hajat. Pokoknya doa dulu deh, doa sama Alloh biar dilancarkan semuanya. Dan ternyata benar dengan ijin Alloh & lewat pertolonganNYA semua hajat waroeng manajemen banyak yang dimudahkan, dan banyak keajaiban-keajaiban dan didapatkan oleh waroeng group manajemen.

8. Selanjutnya sedekah jangan lupa. Setiap bulan gaji semua pegawai waroeng group udah otomatis dipotong buat dibersihkan melalui sedekah. Dan gaji mereka yang dipotong tersebut dialokasikan untuk Rumah Tahfidz (Rumah bagi para penghafal Al Quran). Dan Rumah Tahfidz juga ada program untuk atlet-atlet bulu tangkis binaan Rumah Tahfidz juga lho. Jdi Rumah Tahfidz pingin mencetak atlet-atlet bulu tangkis yang hafal Al Quran, subhanalloh, jadi terharu saya T_T.

9. Di outlet waroeng group juga ada kotak sedekah. Dimana kotak sedekah ini adalah alokasi sekian persen dari pembayaran para pelanggan untuk dialokasikan sedekah agar kita juga bisa berbagi ke sesama. Selain itu tiap tanggal 27 April serentak di semua waroeng group di seluruh Indonesia omset penjualan hari itu 100% akan disedekahkan bagi siapa saja yang berhak menerimanya.

10. Selain itu yang paling penting nih, sholat wajib semua jajaran manajemen juga diperbaiki dan semakin ditingkatkan kualitas dan keistiqomahannya.

11. Jalin selalu silatirahim. Karena silaturahim bisa memanjangkan umur, meluaskan rejeki juga lho.

12. Dan setelah memasuki era spiritual company, maka pihak waroeng group juga menata pegawai-pegawainya di lapangan, diantaranya:

Semua pegawai dilarang merokok. Bagi yang masih merokok diminta perlahan-lahan buat berhenti. WAJIB berhenti :).
Di kasir saat ini hanya ada pegawai laki-laki. Jika masih ada pegawai perempuan maka pegawai perempuan ini diminta untuk bekerja di kantor tidak berbaur dengan pegawai laki-laki. Kata mas Tama kemarin sih biar ga banyak masalah di lapangan seperti cinta lokasi dll :). Hmm benar-benar dijaga nih adab bisnis di lapangan, agar berkah bisnisnya, salut.
Dan pegawai yang mau masuk ke waroeng group di prioritaskan laki-laki dan setiap mau masuk calon pegawai juga ditanyai kedepan mau ga belajar ngaji? Ada ustad pendampingnya juga loh :)

Itulah beberapa rahasia waroeng group yang menjadikannya kini semakin berkembang pesat. Dan jumlah karyawan waroeng group di seluruh Indonesia kini sudah mencapai sekitar 1000an orang :). Dan salah satu yang berjasa menuntun jajaran waroeng group sampai seperti sekarang adalah ust Yusuf Mansur (YM). Kata mas Tama, mengutip kata-kata YM yang masih saya inget adalah: “Ente jika usaha sendiri berat bro, tapi jika kita berbisnis kita niatkan untuk membantu agama Alloh, maka Alloh juga akan membantu usaha kita juga. Dan matematikanya Alloh itu lebih dahsyat bro!”. “Bisnis dengan melibatkan Alloh dan tidak melibatkan Alloh nanti hasilnya akan beda”. Pokoknya Alloh dulu, Alloh lagi, Alloh teruuuuuuus.

Dan saya jadi teringat opening moderator diskus saat itu yang mengatakan bahwa penyebaran Islam juga tidak lepas dari dunia bisnis, perdagangan. Dan generasi awal islam dulu juga terkenal sebagai petualang yang melintasi berbagai belahan dunia untuk berdagang serta menyebarkan Islam. Dan tauladan kita Rosululloh SAW juga seorang entrepreneur (pembisnis), beliau pernah juga berdagang ke luar negeri yaitu berdagang ke Syam dengan memperdagangkan dagangan Khadijah (yang saat itu belum menjadi istrinya).

So jiwa entrepreneur itu sudah sangat lekat dengan Islam. Dan teringat materi yang disampaikan oleh pak Rury bahwa orang islam itu wajib kaya. Gimana ga wajib kaya? Kita liat rukun islam aja, sholat, puasa, zakat haji itu semua membutuhkan biaya guys J. Dan orang muslim itu wajib sukses dunia akhirat. Semoga kita diberikan kekuatan untuk bisa semakin memperbaiki diri agar meningkat pula nilai kita dihadapan Alloh.

Intinya Alloh dulu, Alloh lagi, Alloh teruuus, maka Alloh juga akan selalu membantu diri kita, insya Alloh. Demikian share kali ini, maaf panjang, jika ada kebenaran datangnya dari Alloh jika ada kesalahan datangnya dari saya, semoga bermanfaat. Allohu A’lam :). Salam entrepreneur muslim :), sampai jumpa di puncak kesuksesan hakiki, yuk sama-sama belajar berproses mendaki kesuksesan hakiki tersebut.

tulisan: Marlina Ayu, email: ayu.sangpembelajar@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar